KKN DAY 16| IKUT SERTA DALAM KEGIATAN “GILI GETS READY FOR NEW NORMAL: BLOW THE BAD AND KEEP THE GOOD ONES” – KKN UNRAM 2020

13th June 2020    126 Views

Gili Trawangan – Seperti yang diketahui rencana penerapan New Normal di masa pendemi ini telah membangun optimisme bagi pelaku wisata dan masyarakat di Gili Trawangan, Lombok Utara. Para pelaku wisata yang tergabung dalam Gili Hotels Association (GHA) bekerjasama dengan APGT, PHRI NTB, IHGMA NTB, Gili Eco Trust, para stake holders lainnya, dan seluruh warga masyarakat dusun Gili Trawangan mengadakan gerakan “Gili Gets Ready For New Normal Tourism” (Gili Trawangan, Sabtu (13/06/2020)).

Poster kegiatan.

Tema kegiatan kali ini “BLOW THE BAD AND KEEP THE GOOD ONES”. Kegiatan ini didukung oleh banyak pihak, salah satunya Pihak Puskesmas (Nipah) yang dimana mereka memberikan spanduk untuk tetap menggunakan masker, bukan hanya spanduk terkait masker namun pihak Puskesmas juga memberikan banyak stok masker untuk dibagikan kepada orang – orang yang tidak mengenakan masker.

Potret saat pemasangan spanduk, pengecekan suhu dan membagikan masker.

Sebelum acara “GILI GETS READY FOR NEW NORMAL” ini saya dan Tim Satgas memasang spanduk dan melakukan penjagaan seperti biasanya, namun kali ini bukan sekedar mendata saja melainkan membagikan masker kepada para pengunjung dan warga yang baru datang kepulau Gili Trawangan dan juga kepada para pejalan kaki yang berada disekitar Pelabuhan tersebut (Pelabuhan Penyebrangan Gili Trawangan, Sabtu (13/06/2020)).

Potret bersama dengan anggota Puskesmas

Dalam perjalanan menuju lokasi kegiatan, saya dan teman kelompok KKN saya berbincang – bincang terkait CoVid-19 ini dengan Bapak Kepala Puskesmas Nipah, yang dimana sembari ia memberikan kami edukasi terkait pendemi yang ada saat ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB dan Forkopimda KLU dalam rangka memberikan arahan terkait persiapan menghadapi new normal tersebut. Wagub mengawali sambutannya dengan mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan memproteksi diri virus Corona dengan penerapan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu Bupati Kabupaten Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar  menyampaikan bahwa Tiga Gili ini merupakan green zone atau nol angka postitif Covid-19. Sehingga persiapan penerapan new normal di destinasi wisata ini kedepan diharapkan dapat menjadi percontohan bagi daerah daerah di NTB.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.Lalu Moh Faozal mengatakan, jumlah hotel dan restoran di Gili Trawangan ini mencapai 120 usaha. Namun jika ditotalkan dengan Gili Air dan Gili Meno, maka jumlah hotel dan restoran mencapai 450 usaha dengan jumlah pekerja pariwisata yang mencapai 4.000 lebih. Kemudian beliau menerangkan bahwa atas persetujuan Bupati KLU, masyarakat dan pelaku usaha di kawasan Tiga Gili telah melakukan pembersihan properti masing-masing “dan pada hari ini merupakan simulasi new normal, yakni memahami protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” tutupnya. (Sc: intrnt)

Pelaksanaan fogging”

Kegiatan Blow the bad and keep the Good ones, pada 13 Juni 2020. berupa penyemprotan atau fogging nyamuk pada area dan fasilitas umum yang ada di Gili Trawangan, seperti jalan, tempat ibadah, sekolah, pasar seni, dan lainnya, serta di area property masing-masing. kegiatan ini di lakukan berkelompok 3 s/d 4 orang pada setiap RT yang berada di lingkungan Dusun Gili Trawangan.

Dan tentu saja seluruh kegiatan dilaksanakan dengan mengutamakan prosedur Covid-19, seperti penggunaan masker, cuci tangan, dan lain sebagainya.

https://www.instagram.com/p/CDGJ87zB6L3/?utm_source=ig_web_copy_link
“Pengugahan hasil kegiatan di media sosial pada apliaksi Instagram.”

Yani Mulyani

NAMA : Yani Mulyani NIM: A1B017156 DPL: Dr. Misbahuddin, ST., MT KKN Tematik Kebencanaan Covid - 19 di Dusun Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Lombok Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Day 15 kegiatan bersih-bersih di pasar kotaraja

Sat Jun 13 , 2020
Sabtu 13 juni 2020 saya Willi Yogi Saputra (A1B117195) bersama dengan rekan KKN kebencanaan desa kotaraja melaksanakan kegiatan bersih-bersih yang berlokasikan di pasar kotaraja dalam upaya mengurangi dan menanggulangi penumpukan samaph terutama plastik yang membuat selogan/parit yang ada di kawasan desa kotaraja menjadi tersumbat yang mengakibatkan ketika hujan airnya meluap […]

Terbaru

Flag Counter