Beberapa Kegiatan Mahasiswa KKN Kebencanaan UNRAM di Desa Mertak (Day 13-20)

22nd July 2020    49 Views

Day 13-17 (Belajar dan Mengajar ngaji selama Pandemi)

mengajar anak-anak Dusun selama pandemi

Selain sekolah yang diliburkan, sejak pandemi mereka juga tidak kemasjid lagi untuk belajar ngaji

Jadi selain belajar pelajaran sekolah biasa ,saya juga mengajar ngaji kepada mereka. Yang ikut belajar ini mulai dari yang masih TK hingga yang kelas 6 SD.

Saya jadwalkan mereka untuk belajar ngaji 5x dalam seminggu yaitu dari senin sampai jumat setiap jam 5 sore.

Mereka sangat menikmati belajar ,Karena mereka juga bisa berkumpul dengan teman yang lainnya, seperti yang biasa dilakukan saat sekolah dan mengaji di masjid.

Day 18 (Belajar pelajaran sekolah selama pandemi)

Selama pandemi ini berlangsung, selama itu pula pelajar diliburkan . Mulai dari paud sampai Mahasiswa. Mungkin istilah libur memang hanya berlaku pada sekolah yang belum mampu melakukan belajar mengajar secara online karena keterbatasan.

Ini yang dirasankan anak-anak SD didusun saya, Dusun Kelekuh salah satu dusun diDesa Mertak. Sejak pandemi mulai muncul sejak itu pula mereka diliburkan, sehingga kegiatan belajar mengajar berhenti total selama pandemi ini.

Sehingga saya berinisitif mengadakan kelas belajar untuk anak- anak didusun saya, melihat antusias mereka juga yang sangat tinggi, yang sangat bersemangat untuk belajar lagi. Belajar mengajar ini rutin saya lakukan setiap hari sabtu pagi dan sore ,dimana saya membagi menjadi 2 klp sesuai dengan tingkat mereka masing-masing.

Day 19( LPJ BUMDes Mertak )

mengikuti LPJ BUMDes Mertak

Pagi di aula Kantor Desa Mertak sedang diadakan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban ) oleh BUMDes Mertak.

Lpj tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan dari masyarakat mulai dari pemudanya hingga tetuanya, hal tersrbut guna melihat kinerja dari BUMDes selama masa kerjanya, dari BUMDes menjelaskan dan merincikan dana-dana yang didistibusikan kemana saja.

Lpj yang dilakukan tetap dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah yaitu cuci tangan sebelum masuk ruangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Day 20
Validasi data penerima PKH baru

Beberapa warga yang akan menerima PKH tambahan dikumpulkan di depan Kantor Desa Mertak untuk melakukan validasi data.

Sebelum menempati kursi masing-masing, terlebih dahulu para warga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang terdapat didepan Kantor Desa, kemudian jika ada yang tidak menggunakan masker maka Akan diberikan dengan masker yang sudah disiapkan dikantor Desa.
Kemudian tempat duduk juga sudah diatur agar jaraknya tetap terjaga sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah.

Warga akan memvalidasi datanya dangan mengantri sehingga tidak terjadi kerumunan. Masyarakat tertib dalam mengikuti agenda tersebut ,mengikuti sesuai dengan arahan dari staff desa.

yenilistiana

Nama : Yeni Listiana Purnama Putri NIM : C1M017143 DPL : dr. Wahyu Sulistya Affarah Mph

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Adaptasi belanja online

Wed Jul 22 , 2020
KKN DAY-16 Pandemi tidak hanya mempengaruhi aspek sosial, tetapi juga aspek ekonomi. Secara keseluruhan kehidupan kita tidak seperti hari-hari biasanya. Beradaptasi dengan kondisi dimasa Pandemi memang tidak mudah. Banyak aktivitas kita seperti biasanya tidak bisa secara leluasa kita lakukan. Contohnya adalah berbelanja, pergi ke pasar, makan bersama teman, minum kopi […]

Terbaru

Flag Counter